Logo

Desa Soket Laok

Kabupaten Bangkalan

Home

Profil Desa

Infografis

Listing

IDM

Berita

Belanja

PPID

Harlah CSC Cinta Sholawat Community dan Memperingati Tahun Baru Islam Di Desa Soket Laok Dusun Gundul

26 Juli 2023
Ditulis oleh IMRON
Dilihat 108 kali

Harlah CSC Cinta Sholawat communit dan peringati tahun baru Islam Warga Soket Laok dusun gundul Menyambut Tahun Baru Islam, Madrasah miftahunnajah adakan Kirab Santri dan Do’a Bersama Menyambut Tahun Baru Islam di dusun gundul. Warga-Masyarakat dusun gundul, Keberagaman tradisi dan budaya yang unik dan menarik yang patut dibanggakan. Seringkali masyarakat desa Soket Laok dusun gundul, dalam memulai kan suatu kegiatan Harlah CSC Cinta Sholawat komminty atau menyambut sebuah kedatangan tahun baru Islam diawali dengan acara do’a bersama dan diikuti pagelaran budaya dan sebagainya.

Demikian pula dengan masyarakat desa Soket laok dusun gundul, kecamatan Tragah kabupaten Bangkalan dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1444 H, kamis (20/7/2023). Melaksanakan kirab Salah satunya dilakukan oleh warga dusun gundul,,,? berpusat di halaman masjid Raudhatul taqwa Mandrasah miftahunajah. Dengan namanya, kirab ini dilaksanakan pada malam juamaat Muharram, tepatnya pada tanggal 1 atau yang dikenal dengan bulan Suro pada kalender Jawa.

Bulan Muharram merupakan bulan pertama pada penanggalan Hijriyah. Pada bulan ini terdapat hari besar umat Islam, yaitu Tahun Baru Islam. Oleh karena itu, kirab Muharram sengaja diadakan di dusun gundul Tahun Baru Islam. Tujuannya adalah bersyukur atas kenikmatan yang diberikan Allah dan mengharapkan ampunan dosa atas apa yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya. CSC cinta sholawat diikuti oleh semua santri Madrasah miftahunajah dan diikuti oleh wali santri serta warga lainnya. Semua santri berbaris mengikuti kirab dengan membawa lampu obor dan sebagian lagi membawa hp sambil bersholawat dengan Diiringan Hadrah. Dengan wali murid mengikuti dibelakangnya.

Mengiringi bersholawat semua santri dan wali santri juga warga berkumpul dihalaman madrasah untuk melaksanakan doa bersama. Acara do’a bersama diisi dengan tawaasul bil Fatihah dipimpin oleh Al ustad Saiful dan dilanjutkan dengan pembacaan istighosah bersama. Sambutan panitia CSC disampaikan oleh kepala Madrasah Miftahunajah *ustad Ghofur Spd*. Dalam rangka harlah ini dihadiri oleh Kapolsek dan ramil juga bapak camat peserta kepala desa beserta wakil ketua DPRD kabupaten Bangkalan juga para habaib habaib juga tokoh,, masyarakat peringati tahun baru Islam cinta sholawat community dihadiri bersama *habib idrus Aidit* menambah Empian silaturahim bersholawat dengan senang hati bersama CSC pentingnya menyambut Dan memeriahkan datangnya tahun baru Islam bagi umat Islam Selain sebagai syi’ar agama, juga menjadi edukasi bagi semua santri dan umat Islam bahwa kita mempunyai perhitungan kalender sendiri, yaitu kalender Hijriah” kata ustad Syaiful Anam

Selain itu ustad Syaiful Anam juga menyampaikan tahun Hijrah memiliki makna penting bagi umat Muslim. Karena sejak peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke kota Yasrib (Madinah), Islam menjadi lebih berkembang di tanah Arab dan keseluruh dunia. Itulah sebabnya mementum hijrahnya nabi dijadikan mula perhitungan kalender Hijriah.

“Bila agama Islam menjadi lebih berkembang dengan hijrahnya baginda nabi, semoga keimanan kita, ekonomi kita, amal baik kita akan semakin berkembang pada tahun 1444 H. yang akan datang” do’a

Memang sangat kaya akan tradisi dan budaya, entah berasal dari tradisi agama, suku, ataupun lainnya yang patut kita lestarikan bersama. Semoga di masa yang akan datang, tradisi leluhur kita tetap menjadi sesuatu yang bisa kita banggakan. Aamiinn.


Bagikan:

Berita Terbaru

Berita Terbaru

Logo

Desa Soket Laok

Kecamatan Tragah

Kabupaten Bangkalan

Provinsi Jawa Timur

© 2024 Powered by PT Digital Desa Indonesia